Minggu, 02 Agustus 2015

Ajak Anak Berkreativitas di Museum Nasional

Pendidikan juga rasa cinta kepada budaya Indonesia sepatutnya sudah ditanamkan sedari sampingan. Upaya tersebut mencoba berhadapan Museum Nasional dan mencetak area untuk anak-anak atau Kid's Corner.

Datangnya Kid's Corner ini diakui pihak Museum Nasioal yaitu bentuk keprihatinan buat museum-museum pada Indonesia. Sebab, dalam berbagai kalangan sudah terdapat museum khusus anak yang membuka fasilitas-fasilitas khusus, seperti perlengkapan edukatif kultural kepada anak-anak.

“Kita jangankan sesudah miliki children museum ini, perlengkapan bagi anak saja kamu mempelajari milik. Makanya pada bawah kebetulan berada satu ruang yang cukup representatif sehingga dibuat untuk ruang anak-anak, anda terang tersebut adalah Kid's Corner,” jawab Kepala Sesi Pendidikan serta Publikasi Museum Nasional, Dedah Rufaedah Sri Handari, menurut KompasTravel, Selasa (29/4/2015).

Kedatangan Kid's Corner buat Dedah diinginkan berhasil meningkatkan pengetahuan serta mengembangkan kreativitas anak-anak. Beragam aktivitas bisa dipertemukan anak-anak pada ruang tersebut, mirip memainkan angklung, menghias kendi, coba pakaian hukum adat, sesudah membatik.

“Yang pasti menonjol sebagai perkenalan terhadap busana tradisi. Lalu kita perkenalkan batik, bahkan batik sudah jadi intangible heritage UNESCO, ya paling tak anak-anak bangga andai anda gunakan intangible heritage yang diakui global,” jelas Dedah.

Meski berulang kali diterpa aneka gadget, diakui Dedah, pengunjung anak-anak tetap antusias coba beragam acara juga performa dalam Kid's Corner. Tak jarang, pihak Museum Nasional dan mengadakan festival atau perlombaan guna menyemarakkan aktivitas Kid's Corner tersebut.

“Kemarin anda adakan lomba gasing juga gobak sodor, congklak serta untuk yang perempuan dengan merekapun menggunakan. Apa ya, mungkin itu hal yang update menurut merekapun menjadi mereka antusias,” katanya.

Tapi, meskipun sudah ada sejak Agustus 2014 kemudian, tidak dominan pengunjung yang mengenal adanya Kid's Corner ini. Diakui Dedah suatu ini konsekuensi pemilihan lokasi yang berada dalam lantai bawah.

“Cuma sebab memang letaknya selalu terpencil di bawah, anda menjadi suka ajak ayo di bawah ada Kid's Corner, anda yang diwajibkan mengarahkan. Atau, saat mereka telepon untuk perjanjian bakal dari, kamu tawarkan dan,” kata Dedah.

Kid's Corner ini dilengkapi dan 5 stan, yakni stan mewarnai dengan menggambar, stan sarana musik tradisional, stan permainan tradisional, stan membatik dengan stan lukis. Anak-anak dapat langsung menuangkan kreativitas mereka di sarana yang disediakan.

Dalam Kid's Corner dilengkapi pula 5 lemari besar yang memamerkan beberapa koleksi, mulai dari media musik tradisional, pertandingan tradisional, kendi dengan payung lukis, peralatan membatik dan baju adat.

Museum Nasional buka setiap hari kecuali Senin dan libur nasional, buka sejak pukul 08.00-16.00 atau 08.00-17.00 demi di selesai minggu. Jatah tiket masuk pengunjung individu untuk dewasa Rp 5.000 juga anak-anak Rp dua.000. Museum ini berlokasi dalam Cara Medan Merdeka Barat Nomor 12, Jakarta Pusat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar